No. |
Jenis Peserta Didik Berkebutuhan Khusus |
Penyesuaian |
1 |
Disabilitas Netra |
Dalam pembelajaran tentang pengenalan huruf dan
bilangan, simbol dan variabel, bentuk dan bagian-bagian. Penyesuaian juga
berupa huruf, angka, dan gambar braille. Berorientasi pada gerak agar mereka
mandiri. Lebih banyak pada mata pelajaran Matematika dan IPA. |
2 |
Disabilitas Rungu/Tuli |
Dalam pembelajaran harus duduk di depan, diarahkan agar
selalu melihat wajah guru agar dapat memahami bahasa bibir. Guru berbicara
biasa tetapi dengan gerak bibir yang jelas. |
3 |
Disabilitas Grahita |
Dalam pembelajaran harus berulang dan konkrit. |
4 |
Lambat Belajar |
Dalam pembelajaran harus memperbanyak latihan dari
hapalan. |
5 |
Kesulitan Belajar Spesifik |
Dalam pembelajaran pengenalan menggunakan media lilin
yang dapat dibentuk angka dan huruf, menggambar angka dan huruf, menganalogikan
bentuk angka, huruf dan simbol dengan benda-benda di sekitar. |
6 |
Disabilitas Fisik |
Dalam pembelajaran adalah dengan memastikan sarana
penyeimbang tubuh sudah sesuai. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan
baik. |
7 |
Gangguan Psikososial |
Dalam semua pembelajaran agar tidak bertindak keras,
melakukan rutinitas dengan konsisten. Melakukan penguatan untuk siswa. |
8 |
Autis |
Dalam semua pembelajaran agar diarahkan unutuk
berkelompok. Guru perlu mengembangkan ekspresinya menjadi kemampuan verbal. |
9 |
ADHD |
Dalam pembelajaran membuat atauran yang konsisten, tugas
sederhana, dan membuat kelas tenang. |
10 |
Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa |
Dalam pembelajaran, memberikan kesempatan untuk menekuni
bidang yang dia tekuni secara mendalam. Menempatkan di kelas sesuai dengan
kemampuannya, tidak terbatas usia. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar