Sabtu, 17 Desember 2022

Penyesuaian-penyesuaian dalam pembelajaran yang diperlukan peserta didik berkebutuhan khusus

 

No.

Jenis Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Penyesuaian

1

Disabilitas Netra

Dalam pembelajaran tentang pengenalan huruf dan bilangan, simbol dan variabel, bentuk dan bagian-bagian. Penyesuaian juga berupa huruf, angka, dan gambar braille. Berorientasi pada gerak agar mereka mandiri. Lebih banyak pada mata pelajaran Matematika dan IPA.

2

Disabilitas Rungu/Tuli

Dalam pembelajaran harus duduk di depan, diarahkan agar selalu melihat wajah guru agar dapat memahami bahasa bibir. Guru berbicara biasa tetapi dengan gerak bibir yang jelas.

3

Disabilitas Grahita

Dalam pembelajaran harus berulang dan konkrit.

4

Lambat Belajar

Dalam pembelajaran harus memperbanyak latihan dari hapalan.

5

Kesulitan Belajar Spesifik

Dalam pembelajaran pengenalan menggunakan media lilin yang dapat dibentuk angka dan huruf, menggambar angka dan huruf, menganalogikan bentuk angka, huruf dan simbol dengan benda-benda di sekitar.

6

Disabilitas Fisik

Dalam pembelajaran adalah dengan memastikan sarana penyeimbang tubuh sudah sesuai. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

7

Gangguan Psikososial

Dalam semua pembelajaran agar tidak bertindak keras, melakukan rutinitas dengan konsisten. Melakukan penguatan untuk siswa.

8

Autis

Dalam semua pembelajaran agar diarahkan unutuk berkelompok. Guru perlu mengembangkan ekspresinya menjadi kemampuan verbal.

9

ADHD

Dalam pembelajaran membuat atauran yang konsisten, tugas sederhana, dan membuat kelas tenang.

10

Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa

Dalam pembelajaran, memberikan kesempatan untuk menekuni bidang yang dia tekuni secara mendalam. Menempatkan di kelas sesuai dengan kemampuannya, tidak terbatas usia.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penilaian dan Evaluasi Pemahaman dalam UbD

Penilaian dan Evaluasi Pemahaman dalam UbD perlu menggunakan rubrik dari setiap aspek